Melangkah Ke Depan

Dulu di 2019, adalah persimpangan hidup Saya mau melanjutkan kuliah lagi atau tidak. Setelah lulus di Tahun 2015, Allah menawarkan kesempatan untuk menempuh pendidikan lagi. Pada saat itu Saya meragu.. Hidup itu cuma bisa dijalani saja, tanpa kita punya kuasa untuk mengontrolnya. Dan ketika ada kesempatan, segera diraih. Betapa banyak ilmu yang Saya dapatkan selama 2.5 tahun belakang ini, dan Saya rasa Saya bakal menyesal jika tidak mengambil kesempatan belajar ini. Pernyataan “Hidup itu sudah ada yang mengatur” memang benar adanya.

Saya adalah orang yang penuh pertimbangan sebelum menjalani sesuatu, tapi juga kadang sifat impulsive nya juga suka kambuh. Tapi anehnya ketika mememukan orang yang terlalu berlebihan dalam pertimbangan itu malah bikin Saya agak sedikit menarik nafas, karena hal itu jadinya menghambat. Hidup di dalam keragu-raguan akan merugikan diri sendiri. Ragu akan kualitas diri atau ragu akan keahlian sangat disayangkan. Yang seharusnya bisa dicapai dengan banyak, bisa jadi malah terlewatkan. Tapi ini beda ya dengan over confidence.

Menilik keputusan yang Saya ambil di Tahun 2019, bisa dikatakan Saya tidak menyesal sama sekali mengambilnya, Saya sungguh bersyukur atas kesempatan yang diberikan. Saya kenal banyak orang, dengan pemikiran-pemikiran kritis, Saya jadi lebih aware dengan perkembangan hal terbaru, dan Saya dipaksa untuk berjuang lebih keras lagi secara mandiri. Saya dipaksa untuk bersabar, dan Saya belajar untuk memperbaiki diri. Sakit loh itu, hahaha tapi itu proses yang harus dilalui untuk level up.

Kalau Kamu merasa kecil ya memang akan ada lebih banyak orang yang hebat dibandingkan kamu, tapi kamu juga punya kesempatan untuk mengubah itu. Jangan memilih untuk berhenti ditempat, kamu punya kewajiban untuk mewujudkan angan-angan dan cita-cita kamu, walaupun ada kemungkinan gagal di perjalanannya.

Nikmati setiap langkahnya, nikmati setiap kesulitannya, hadapi ketakutan itu. Ketakutan bahwa kamu tidak bisa. Berani untuk menyuarakan pikiranmu dan berani untuk melalui petualangan baru bagaimanapun hasilnya. I know you like to control everything, but that belong to Allah. Jangan ragu lagi ya. Kalau kita berusaha maju untuk lebih baik lagi, insya Allah ga ada ruginya. Manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: