Hati-hati sebelum Melepas Domain

Jika kamu seperti Saya yang emang dari dulu bercita-cita banget punya domain pribadi, take a lesson from me. Sebenarnya alasan punya domain bagi Saya juga ga terlalu personal, cuma keren aja ngeliat alamat website tanpa ada ujung wordpress/blogspot/wix dll dibelakangnya. Tapi karena dulu masih kecil, dan belum bisa menghasilkan duit sendiri, jadi deh pake akun gratisan hehe. Dan sampai akhirnya Saya punya domain triadarabarlian.com itu sekitar tahun 2019 bulan april. Cuma karena wordpress plan itu wasting money menurut Saya a.k.a tidak menghasilkan akhirnya saya cancel plan-nya. Sedih tentunya, tapi sayang aja gitu kalau dana nya malah jadi mubazir.

Tapi ya namanya hati manusia suka berubah, akhirnya pengen lagi nih punya domain nama pribadi. I’m a cheap person, lol ga mau rugi kalau beli domain lagi. Semula Saya pikir ketika dengan upgrade plan di wordpress, otomatis triadarabarlian.com akan menjadi milik Saya lagi dong. Ternyata domain Saya udah dilepas dan diambil oleh penyedia domain lain. Ga seru dong, udah utak-atik sana sini, tetap ga bisa di setting untuk domain tersebut ditransfer ke website Saya. Pas Saya cek, kok jadi mahal banget, ditawarkan 41 juta untuk domain yang menurut Saya ga ada harganya :’)

Screenshoot dari godaddy.com

Tuh kan becanda Saya bilang, kayanya website-website penyedia domain ini tuh, sama kaya pemakan domain bekas, ketika dilepas mereka langsung ambil untuk bisa dijual lagi kalau pemilik sebelumnya tertarik. Ga salah sih bisnis begini, cuma engga fair aja menurut Saya kalau mereka ngejual lagi dengan harga tinggi yang ga masuk akal.

Sebenarnya bisa aja Saya punya domain lain seperti triadarabarlian.blog, triadarabarlian.org, dll. Dari wordpress nya juga menyediakan secara gratis ketika Saya upgrade plan. Cuma kurang dependable aja gitu kalau punya domain selain dot com. #kebanyakangaya Padahal isi website Saya juga ga tentu arah haha. Terus kan Saya mikir, gimana caranya tetap punya domain dot com tapi namanya masih relatable dengan nama saya. Saya juga sempat ngontak wordpess via email apakah domain tersebut bisa balik ke Saya.

Balesan email dari WordPress

Pupus sudah harapan 🥲 memang sih salah Saya yang dulu melepas. Tapi kan ga gitu juga. (Masih tetep kekeuh). Tapi untuuung banget nama Saya itu terdiri dari tiga kata. Jadi Saya mikir, gimana kalau jadiin darabarlian.com aja, selama ini juga Saya selalu dipanggil Dara, jarang banget dengan Tria. Dan Alhamdulillah nya domain tersebut belum ada yang pakai, siapa juga yang mau make selain dari namanya coba haha.

So that’s a story from me. Dipikir-pikir lagi deh untuk melepas domain yang udah disuka, karena untuk ngedapetin nya lagi susah huhu. Dan pilih lah plan dari wordpress atau penyedia jasa lain nya dengan harga yang paling murah, kalau website nya belum menghasilkan just like me. I know ini mungkin bukan hal yang esensial bagi orang lain, but I think it would be nice if I know it before this happen. Saya ga masalah kok, Saya suka domain yang baru karena lebih singkat dan gampang diketik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: